Jumat, 16 November 2012

BANJIR


BANJIR
Adalah bencana alam yang terjadi secara alami ataupun karena kesengajaan dari manusia itu sendiri. Banjir sering disebabkan oleh manusia mulai dari membuang sampah sembarangan dan membuang sampai di sungai. Banjir juga bisa terjadi karena peluapan air yang berlebih di suatu tempat, serta akibat curah hujan yang tinggi.
Ada juga dengan sebutan banjir bandang. Banjir bandang yaitu banjir yang berada di daerah rendah yang terjadi akibat hujan yang turun terus menerus dan muncul secara tiba-tiba. Terjadinya banjir bandang karena adanya penjenuhan air terhadap tanah didaerah tersebut yang berlangsung dengan secara cepat dan tidak dapat di serap lagi. Air yang mengenang itu berkumpul di daerah yang rendah dan mengalir dengan cepat ke daerah yang lebih rendah. Yang berakibatkan semua macam benda-benda yang dilewatinya, di kelilingi air dengan tiba-tiba. Banjir bandang ini bisa mengakibatkan kerugian yang sangat besar terhadap lingkungan sekitar.
Dampak – dampak dan kerugian akibat banjir contoh nya didaerah jakarta yang biasa nya berdampak pada semua kawasan yang tergenang banjir. Kerugianyang di dapat karena banjir bisa berupa terganggu nya jaringan telpon dan internet serta jaringan listrik. Listrik di sejumlah daerah bisa terendam dan bisa membuat padam di suatu daerah. Dan sehingga dapat menyebabkan kemacetan lalu lintas, termasuk juga di jalan tol. Genangan –genangan air di jalan hingga naik 1 meter, yang menyebabkan sejumlah akses jalan terganggu. Di stasiun juga bisa mendapatkan dampak nya seperti jalur lintasan kereta api yang tergenang air .
Kawasan yang sering terjadi banjir di daerah jakarta. Karena luapan sungai ciliwung sekitar 50 sentimeter. Yang dapat merugikan kota jakarta dan yang merasakan dampak nya yaitu warga dan sektor idustri. Pada tahun 2007 banjir besar melanda jakarta.situasi ini, bisa terjadi jika dalam waktu 12 jam, terjadi hujan hebat di daerah Bogor,Jakarta, dan Laut Jawa. Yang dapat melumpuhkan Ibu kota. Kemungkinan besar curah hujan di Bogor akan trus meningkat karena adanya pembangunan yang terus menerus di daeran Jakarta.



Penyebab –penyebab terjadinya banjir karena curah hujan yang terus –menerus, erosi tanah yang menyisakan batuan sehingga tidah dapat menyerap air lagi, keadaan tanah yang ditutup dengan semen sehingga tidak dapat menyerap air lagi, saluran air yang rusak, kiriman dari daerah yg tinggi, dan daerah bebatuan daya serap air sangat kurang yang mengakibatkan banjir kiriman dari daerah – daerah yang tinggi. Banjir yang terjadi di Jakarta juga berakibat karena ulah manusia itu sendiri. Yang membuang sampah sembarangan ke sungai, menebang pohon yang tidak terkontrol, menebang hutan hingga gundul.

Tindakan untuk mengurangi dampak banjir, yaitu dengan menata daerah aliran sungai secara terpadu dan sesuai dengan fungsi lahan, pembangunan sistem pemantauan dan permukiman dini pada bagian sungai yang sering menimbulkan banjir, tidak membangun rumah di dekat sungai dan di daerah yang rawan banjir, tidak membuang sampah sembarangan  kedalam sungai, dan mengadakan program pengerukan sungai, serta pemasangan pompa untuk untuk daerah rendah dari permukaan laut.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar